Saturday, April 16, 2011

ilmu-ilmu kursus setir yang ane dapet



Sebelum ane nikah, ane dah diwanti-wanti ama calon mertua ane,, "pkoknya ntar kalo udah nikah kamu harus udah lancar nyetir yak"..
Camer ane itu sekarang trauma kalau anak cewek semata wayangny dibonceng atau naek motor sendiri soalnya anak kedua alias calon adik ipar ane meninggal dunia setahun yang lalu karena kecelakaan motor :sad

Kebetulan camer ane punya mobil, jadinya ya klo mo pergi2 wajib hukumnya naik mobil,, sedangkan ane,, sekeluarga gak ada yang punya mobil ya otomatis gak bisa dah nyetir mobil :ngakak

Dulu pernah ane langsung diajarin oleh camer ane, cuman diajarin dasar-dasar rem gas kopling bentar langsung dah di lepas sendiri di lapangan :D

ya lumayan dalam dua kali latihan udah bisa keliling beberapa komplek perumahan,,


Walaupun udah agak lancar, ane tetep pengen ikut les atau kursus setir mobil, ya itung-itung agar tahu dasar-dasar latihan nyetir juga mau sekalian ambil paket yang sekalian buat kartu sakti SIM..

Setelah cari-cari disekitaran rumah, ane langsung dah daftar di tempat kursus setir mobil daerah zamrud bekasi. Namanya Sekolah mengemudi CV. CITRA BUANA, alamatnya komplek Bekasi Timur Regency Blok H17 No. 39 Bantar Gebang Bekasi, tapi kayaknya ini alamat rumah bosnya deh, soalnya tempat kursusnya ada di pinggir jalan di depan gerbang perumahan regency..

Ane pilih disini soalnya paket-paketnya lumayan murah :D
ada beberapa paket yang dibedain jumlah frekuensi ketemunya, karena ane udah lumayan lancar megang setir sendiri, dan hanya berniat memperdalam ilmu, ane ambil yang paket paling hemat aja,, cuman lima kali pertemuan @ 1 jam, biaya hanya sekitar Rp. 450 ribu,, tergolong murah sih,, secara mobil yang digunain tuh cuman kijang tahun 1996 :D ya lumayanlah..

sekarang ane dah njalanin 4 kali pertemuan,, ya mumpung masih inget2 dikit ilmu yang diajarkan,, ane langsung share aja dah,, lanjutannya ntar klo dah selesai :D

pertemuan pertama

diajarin cara awal mula berada di dalam mobil,
harus tutup pintu dengan benar,
sesuaikan kursi biar duduk kita nyaman,
pastikan gigi dalam keadaan netral,
hidupkan mesin mobil,
tekan kopling yang dalam (gak boleh setengah-setengah,
masukan gigi ke satu,
lepasin rem tangan,
hidupin lampu sein kanan, (posisi mobil parkir di pinggir kiri jalan),
tekan gas seirama dengan melepas kopling, jangan terburu-buru, sambil lihat ke spion,, sapa tahu ada motor yang nyelonong..



ngeeeng,,

udah jalan
seirama dengan peningkatan kecepatan, naikkan posisi gigi, usahakan setiap perpindahan gigi selalu kembali ke netral dulu, biar mengurangi resiko kesalahan memasukkan gigi.

kalau ada rintangan (ada gerobak bakso misalnya),
kalau dalam posisi gigi di atas satu, lakukan pengereman dengan lembut, baru setelah berhenti atau kecepatan rendah, kurangi gigi..
kalau dalam posisi gigi satu, langsung aja kopling yang dalam sekalian ngerem


pertemuan kedua

cuman ngelancarin sambil mengulang pelajaran yang lalu,,

ilmu belok, berbeda dengan menikung,, klo belok adalah kalau mau belok di persimpangan atau tikungan tajam 90 derajat.
Sebelumnya hidupkan sein sesuai arah kita belok, sampai di tikungan turunkan gigi ke posisi satu, baru dah belok


ilmu selesai naik mobil,,
pastikan semua tombol fungsi dalam keadaan off,, lampu dll,
pastikan rem tangan ditarik, kecuali parkir paralel di tempat yang datar



pertemuan ketiga

Ngelancarin lagi,,

Ilmu merayap, digunakan kalau ada di belokan, U turn atau keluar dari gang ke jalan gede, atau lagi berada di kemacetan.
tekan gas dan tahan di sekitar 1500 rpm, mainkan kopling naik turun untuk menjalankan mobil atau menahan mobil.


pertemuan keempat

Ilmu tanjakan,,



cooming soon,, belum ane lakuin :D


pertemuan kelima

Ilmu parkir,,


cooming soon,, belum ane lakuin :D

No comments:

Post a Comment