Saturday, April 16, 2011

mau bikin kartu anggota ASKES? cuma 10 menit, habis Rp. 1.000




hari jumat 15 april kemarin ane ma temen2 sekantor ane rencana mau bikin kartu askes,, (maksudnya rencana berangkat ke kantor askes soalnya kalau rencana bikin mah udah dari athun lalu, tapi lum sempet aja :D, lagian KTP bekasi ane juga baru jadi bulan ini,, soal bikin KTP ane juga pengen cerita,, tapi besok2 aja lagi dah :) )

syarat-syarat bikin kartu askes buat karyawan abdi negara kayak kami2 ini tergolong gampang,, antara lain:

1. lembar formulir permohonan yang diisi sendiri (di tandatangani sendiri dan kepala sub bagian kepegawaian umum plus cap bag kepegawaian)
2. fotocopy SK CPNS (dilegalisisr di bag kepegawaian)
3. fotocopy SK pengangkatan CPNS jadi PNS (dilegalisisr di bag kepegawaian)
4. fotocopy ktp (kalau mau bikin kartu buat suami dan istri, sukup fotocopy suami aja (kalau yang pns suami) dan istri saja (kalau yang pns istri)
5. daftar gaji yang dicetak dan dilegalisir di bagian umum
6. fotocopy surat nikah (bagi yang udah nikah, bagi yang belum nikah, nikah dulu :D )
7. fotocopy akte kelahiran anak (bagi yang udah punya anak, hanya bisa dicover sampai anak ke dua)
8. Foto 2x3 3 lembar (kalau ada istri dan anak, sekalian juga, tapi isu terahir gak pake. Kalau pas kemarin, aku kasih aja hehe)


Kata orang-orang, kalau mau bikin kartu askes itu harus di kantor askes seuai dengan alamat KTP, tapi ternyata sekarang gak begitu saklek,, kata orang di bagian kepegawaian, di kantor cabang jakarta pusat di proklamasi bisa menerima pembuatan kartu askes dari seluruh indonesia,, udah online gitu sistemnya.

Ya untunglah klo gitu,, gak jadi capek-capek ke bekasi dulu buatnya hehe...

Karena pas pagi-pagi sebelum jumatan ada temen yang masih ada kerjaan, rencana kami undur sampe abis jumatan. Eh pas abis jumatan, malah ada temen cewek yang masih OP, sampe jam dua belum pulang-pulang juga,, terpaksa deh nungguin sambil diki2 ngenggerutu.. :P

Setelahsempat berfikir untuk ninggalin, eh dianya dateng... :capekdeh
kami berempat berangkat dari kantor jam dua lebih seperempat, naik motor boncengan.

Kantor cabang jakarta pusat tidak susah ditemuin. Dari arah senen lurus aja menuju fly over matraman,, pas di bawah fly over belok ke kanan menuju manggarai/cikini, dari belokan itu kira-kira 100 m abis jembatan kiri jalan udah keliatan plangnya..

Nyampe, langsung parkir dah,, kantornya sih gak begitu besar cuma mirip rukuo dua lantai,, luas penampangh mukanya gak lebih dari 4 meter, tapi diatas terpampang tulisan ASKES gede, jadinya mudah ditemukan..

Masuk ke kantornya, ada dua loket, loket pendaftaran baru ada di pojok kanan,, kondisis lumayan epi, hanya ada satu orang yang kayaknya juga bikin baru,, nunggu sekitar 10 menit, langsung dah berkas kami berempat diajuin,, sekitar 10 menit udah deh selesai,, sebentar bgd ternyata,, dan rahasia p[aling penting,, ternyata pembuatan kartu ASKES ini bisa dititipin... Kalau tahu gitu dari tadi nitip aja dah.. :P

selesai langsung dah cabut pulang ke kantor lagi,, bayar parkir Rp. 1000,00

2 comments: