Saturday, August 2, 2014

(life from adelaide series) finding accomodation

Alhamdulilah tak terasa sudah hampir 3 minggu berkelana di daerah yang saat ini dinginnya menusuk tulang. Sudah sempat menghangat di minggu kemarin, sekarang sudah balik mendingin lagi, bahkan sewaktu nonoton ABC news kemarin, tasmania ternyata terkena badai salju, bahkan di Adelaide sendiri, di daerah selatan, sempat tuun salju walaupun cuman kremun :D

Kali ini ane mau bahas soal cari-mencari akomodasi yang efektif di Adelaide. Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang bisa jadi pertimbangan dalam mencari rumah yang ideal yaitu:

1. Jumlah calon penghuni (single or family)
Bila kita single, bakal lebih gampang mencari housing karena kita bisa tinggal sharing sama temen yang lain dalam satu rumah. Kalau dateng bareng keluarga, kita harus mencari unit satu rumah/flat



2. budget
Untuk yang berbudget unlimited, paling gampang mencari akomodasi (yaiyalaaahh.) yang palin enak adalah cari yang ada di CBD (pusat kota) karena akses ke area penting selalu dekat, ke kampus, ke mall, ke pusat hiburan dan sarana transportasi penting.
Sedangkan yang berbudget pas-pasan kayak ane, harus agak minggir ke luar CBD. Kira-kira yang tarifnya sudah agak bersaing adalah sekitar 5 kilometeran dari kampus namun yang paling diinget, harus tetap dapat menjangkau kampus hanya dengan sekali naik transportasi umum.

3. kebiasaan sehari-hari
Kebiasaan kita juga harus diperhatikan. Apabila single dan biasa hidup berame-rame alias kagak bisa menyendiri, lebih baik cari rumah sharing bukan unit. Bisa yang satu rumah orang Indonesia semua atau yang multi etnis biar bisa ngelancarin bahasa Inggris kita :)
Kalau misalnya terbiasa hidup sendirian alias menyepi, mending nyari unit (buat yang berbudget unlimited) atau bisa di rumah sharing (yang budgetnya limited) tapi kerjaannya di dalam kamar terus :D
Kalau misalnya kita terbiasa hidup rame-rame dan juga pengen menghemat pengeluaran, kita bisa nyari kamar sharing (satu kamar berdua, yang penting ranjangnya dua juga loh) tapi inget, harus orang yang tipenya tahan gangguan suara dalam segala kondisi loh :)

Nyarinya gimana??
Yang paling mudah adalah dengan menghubungi senior kita yang sudah ada di sini, sapa tahu di rumahnya masih ada yang available alias kosong, kan lumayan kalau hidup jauh dari keluarga pun kita masih bisa merasakan kehidupan kayak di kampung sendiri, apalagi kalau dalam satu rumah itu semuanya orang Indonesia, bisa masak barengan dan bisa traveling bareng.
Pengalaman sendiri si, alhamdulilah dapat rumah yang penghuninya semuanya orang Indonesia, se daerah lagi, jadi lumayan bisa melancarkan komunikasi memakai bahasa jawa :ngakak
Kerugiannya adalah, kalau kita dapat rumah dimana posisi kita masih di Indonesia, terkadang landlordnya mewajibkan kita membayar biaya booking dulu, kira-kira si setengah dari tarifnya, misalnya kemarin ane di suruh bayar $200 untuk booking kamar yang akan ane tempatin 6 minggu kemudian (harga per week normal adalah $105)

Bila kita menggunakan jasa agen untuk apply ke university, kita bisa sekalian minta tolong ke agen tersebut untuk mencarikan akomodasi kita atau memberikan link ke senior yang sudah ada  di Adelaide.

Kalau misalnya terpaksanya sampai di Adelaide belum dapat akomodasi juga, kita bisa memanfaatkan fasilitas akomodasi sementara di kampus (biasanya di form2 pendaftaran sudah ada informasi soal ini) namun biasanya hanya terbatas selama dua minggu doang.

Sembari menginap di kampus atau masjid (bener masjid... ada temen yang kemarin sempet tidur di masjid dulu :D) bisa mencari dengan melihat iklan2 di mading kampus atau di fasilitas2 umum (kadang tempelan2 ilegal :D) atau bisa kontek2 kenalan-kenalan baru di kampus. Untuk yang doyan internetan dan gak mau susah, kita bisa mencari akomodasi kita di situs kaskus nya Australia (www.gumtree.com.au) disitu banyak para landlord ataupun agen property yang listing iklan. Tinggal hubungin dan langsung inspeksi :)

Mudah kan?

No comments:

Post a Comment