Sunday, April 24, 2016

#droneproject Akhir Cerita Tricopter Titus 600 ku :(

(5 Desember 2015)

Hari yang cerah di pagi hari sabtu, saat tepat buat terbang..

Ditemani wan dan rafiv, kita berencana pergi ke lapangan belakang rumah, yang ada sirkuit cross nya. Sampai dilokasi, ternyata semak belukar sudah terlalu tinggi. Akhirnya ide liar pun muncul, kita bakal terbang di area makam padurenan..... Sereeemmm..

Sebenarnya kita hanya terbang di area makam yang belum ada makamnya.. yang masih berupa tanah tandus abis pengurukan.

Colok konektor baterai, APM on, Gimbal OK, posisikan kamera ke record, GPS 3D lock -->
Take off pertama sukses dilakukan, hovering nyaman anteng, patroli di atas rumput, patroli lagi ke area mendekati makam, 5 menit berlalu, muter2, eh rafiv nangis minta pulang...

Beberapa detik kemudian, bum... dari kejauhan (posisi terbang LOS tanpa FPV) tricopternya tiba-tiba jatuh kayak tiba-tiba power hilang... Koneksi ke aplikasi Tower pun hilang, dipastikan baterenya terlepas..

Berbekal posisi koordinat terakhir di Tower dan penglihatan mata terakhir kali, suspect pertama lokasi jatuhnya si drone adalah di rerumputan dekat parit.. tapi 10 menit dicari dengan memperluas area pencarian sekitar 50 meter ke kanan dan kiri, gak ketemu juga... Gantian wan is yang searching dan ane nenangin rafiv..

Rafiv semakin kenceng nangisnya ... Akhirnya ane mo nyerah, mungkin udah ilang dimakan arwah...... naek ke motor, jalan ke arah pulang.. eh pas ditengah-tengah makam, dipinggir jalan, kita lihat tuh drone... ancur berkeping-keping dipinggir sebuah makam yang sudah terisi.. masih basah tanahnya... hu hu huuuuuu....

Satu arm patah, plate atas retak, satu brushless motor Sunnysky 720 Kv-nya terlepas kabelnya dari kumparan.. kamera Xiaomi yi dan gimbal 3 axis Quanum-nya loncat dari main frame, kondisi kamera mati, kanopi ancur-ancuran, alhamdulilah lainnya masih aman termasuk baterai multistar 5200 nya..

Dipungutlah serpihan-serpihan hasil kecelakaan pagi itu,, tidak ada tanda-tanda kehidupan.. (lah emang kagak ada yang hidup yang naek tu drone kok...) Black Box juga tak diketemukan (emang kagak ada...)

Sampai rumah, cek kamera xiaomi yi-nya, konekin ke HP HTC One M8 hasil beli seken di Aussie, elah dalah... kok gak ada rekamannya..... padahal rekaman sebelumnya masih ada.. pas terbang juga udah dipastiin sudah kedip-kedip tanda lagi mode record video...

Ih.. jadi ngeri....

(Foto menyusul)

No comments:

Post a Comment